Leave a comment

Bagaimana Cara Menggosok Dan Merawat Gigi Si Kecil?

bayi-sikat-gigiMerawat gigi-geligi sejak usia dini sangat penting. Bila lalai, bukan tidak mungkin muncul gangguan pada gigi yang berujung pada gangguan tumbuh kembang si kecil. Akibatnya , berbagai kemampuannya tak berkembang optimal. Contohnya ,gangguan berkomunikasi atau sulit makan.

Untuk membiasakan merawat kesehatan gigi, orang tua perlu memberikan contoh, serta menerapkan aturan. Akan lebih baik lagi jika memiliki pengetahuan tentang kesehatan gigi anak.

Cara Menggosok gigi si Kecil

  • Mengajarkan si kecil menggosok gigi dapat anda lakukan sebelum giginya tumbuh. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.
  • Bila si kecil belum tumbuh, gusinyalah yang dibersihkan. Gunakan kapas atau kain kasa steril yang dicelup air matang dan oleskan pada gusi bayi. Pastikan tidak ada sisa-sisa susu dan makanan di dalam mulutnya. Jangan lupa membersihkan lidah, langit-langit mulut dan pipi bagian dalam. Biasakan si kecil minum air putih setelah minum susu dan makan.
  • Jika bakal gigi sudah keliatan, jangan langsung menggosok giginya dengan sikat gigi nilon. Bersihkan dengan kapas atau kain kasa steril yang dibasahi air matang. Anda bisa juga menggunakan sikat gigi khusus yang dimasukkan ke telunjuk ibu. Sikat gigi ini lunak karena terbuat dari silicon dan dapat pula digunakan untuk menggosok lidah.
  • Jika gigi si kecil baru tumbuh 2 atau 4 buah, jangan gunakan sikat gigi anak. Gunakan saja kapas atau kain kasa yang bersih. Setelah gigi anak tumbuh lebih dari 8, umumnya di usia 10-14 bulan, baru bisa digunakan sikat gigi bayi yang mempunyai ujung kecil dan berbulu halus dengan kode ukuran P20
  • Gunakan pasta gigi khusus untuk anak-anak, setelah ia berusia lewat setahun (sebelum usia setahun sebaiknya anak tidak diberi pasta gigi). Untuk anak yang masih belum dapat berkumur, gunakan pasta gigi yang kalau tertelan tidak beresiko bagi kesehatannya.
  • Saat mengajari menggosok gigi, posisi anda sebaiknya dibelakang anak sambil memegang dagunya. Posisi ini membantu anda melihat semua gigi anak. Lebih baik lagi jika anda membersihkan giginya setiap kali habis makan.
  • Kunjungi dokter gigi 6 bulan sekali untuk memantau kesehatan giginya.
  • Terapkan aturan, kapan saat tepat menggosok gigi. Sekurang-kurangnya si kecil harus menggosok gigi dua kali sehari, yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur malam.
Advertisements

Komentar tentang Artikel ini :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: