Leave a comment

Membantu Si Kecil Mandiri

anakkecilmandiri

Berapa kali dalam sehari Anda merasa ingin membantu apapun yang sedang dikerjakan si kecil? Misalnya ketika ia terlihat sulit memasukkan kaki kecilnya ke dalam sepatu, maka dengan sigap Anda menghampiri dan membantu memakaikannya. Tanpa Anda sadari hal ini mengurangi kesempatan si kecil meraih kemandiriannya.

Jika si kecil dapat melakukan suatu hal baru, selain meringankan langkahnya menuju kemandiriannya, maka kemampuannya ini akan meningkatkan kepercayaan dirinya sekaligus memperjelas pemahamannya terhadap identitas dirinya. Selain itu dengan mengerjakan sendiri pekerjaan sehari-hari, merupakan suatu pembiasaan yang baik terhadap rutinitas kesehariannya sehingga dapat membantu si kecil meraih kemandiriannya.

Untuk itu, Anda perlu member kesempatan pada anak untuk mengurus dirinya sendiri. Dalam hal ini anak usia 25-36 bulan telah dapat diharapkan untuk melepas dan memakai topi, baju hangat, kaos kaki, serta mencopot celananya sendiri. Selain itu, ia juga telah dapat menggunakan gelas dan sendok dengan cukup baik.

Yang Anda dapat lakukan untuk mendorong kemampuan anak ini, yaitu dengan :

  • Membiarkan si kecil minum dari gelas, namun jangan isi penuh gelasnya untuk mencegah ia menumpahkan isinya.
  • Mulailah memberinya garpu untuk mengimbangi ketrampilan anak mmenggunakan sendok.
  • Belilah pakaian yang mudah dipakai sendiri oleh si kecil, seperti T-shirt, atau celana dengan karet. Selain itu, ingatkan si kecil bahwa merek pakaian biasanya terletak di belakang, sedangkan gambar atau logo terletak di depan.
  • Hindari pakaian dengan kancing yang rumit. Namun penggunaan reusleuting dapat dicoba.
  • Pastikan anak dengan mudah mengambil pakaian maupun celana yang hendak dipakainya dari dalam lemari pakaiannya.
  • Belilah sepatu yang tidak memakai tali maupun gesper. Sepatu berkancing Velcro lebih mudah bagi si kecil untuk memakai dan melepasnya. Tempelkan sticker di dalam sepatu, yang mana menandakan mana untuk kaki kiri dan mana yang untuk kaki kanan agar tidak tertukar saat si kecil memakainya.
  • Ajari si kecil membersihkan diri setelah buang air kecil. Biasakan anak perempuan membasuh diri mulai dari depan ke belakang.

Setelah membersihkan diri, biasakan si kecil membersihkan tangannya. Untuk itu, sediakan bangku pendek agar ia dapat mencapai tempat mencuci tangan

Advertisements

Komentar tentang Artikel ini :

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: